/* Start http://www.cursors-4u.com */ * {cursor: url(http://cur.cursors-4u.net/anime/ani-12/ani1136.ani), url(http://cur.cursors-4u.net/anime/ani-12/ani1136.gif), auto !important;} /* End http://www.cursors-4u.com */ Singing Hatsune Miku

Label

Minggu, 06 Januari 2019

1B Membuat kabel Straight
Untuk membuat sebuah kabel jaringan menggunakan kabel UTP ini terdapat beberapa peralatan yang perlu kita siapkan, yaitu
  • kabel UTP
  • Connector RJ-45
  • Crimping tools
  • RJ-45 LAN Tester
contoh gambarnya seperti dibawah ini :
Kabel UTP Tipe Straight
Sekarang akan kita bahas cara pemasangannya. Yang pertama adalah cara memasang kabel UTP tipe straight. Untuk itu, lakukan langkah-langkah berikut:
  1. Kupas ujung kabel sekitar 2 cm, sehingga kabel kecil-kecil yang ada didalamnya kelihatan.
  • Pisangkan kabel-kabel tersebut dan luruskan. Kemudian susun dan rapikan berdasarkan warnanya yaitu Orange Putih, Orange, Hijau Putih, Biru, Biru Putih, Hijau, Coklat Putih, dan Coklat. Setelah itu potong bagian ujungnya sehingga rata satu sama lain.
Susunan kabel UTP tipe straight bisa Anda lihat pada gambar di bawah:
Setelah kabel tersusun, ambil Jack RJ-45. Seperti yang saya katakan tadi Jack ini terdiri dari 8 pin. Pin 1 dari jack ini adalah pin yang berada paling kiri jika posisi pin menghadap Anda. Berurut ke kanan adalah jack 2, 3, dan seterusnya.
 






Kemudian masukkan kabel-kabel tersebut ke dalam Jack RJ-45 sesuai dengan urutan tadi yaitu sebagai berikut:
    • Orange Putih pada Pin 1
    • Orange pada Pin 2
    • Hijau Putih pada Pin 3
    • Biru pada Pin 4
    • Biru Putih pada Pin 5
    • Hijau pada Pin 6
    • Coklat Putih pada Pin 7
    • Coklat pada Pin 8.
Masukkan kabel tersebut hingga bagian ujungnya mentok di dalam jack.







Masukan Jack RJ-45 yang sudah terpasang dengan kabel tadi ke dalam mulut tang crimping yang sesuai sampai bagian pin Jack RJ-45 berada didalam mulut tang. Sekarang jepit jack tadi dengan tang crimping hingga seluruh pin menancap pada kabel. Biasanya jika pin jack sudah menancap akan mengeluarkan suara “klik”.
Sekarang Anda sudah selesai memasang jack RJ-45 pada ujung kabel pertama. Untuk ujung kabel yang kedua, langkah-langkahnya sama dengan pemasangan ujung kabel pertama tadi. Untuk itu, ulangi langkah-langkah tadi untuk memasang Jack RJ-45 pada ujung kabel yang kedua.
Kalau sudah kemudian kita test menggunakan LAN tester. Masukkan ujung ujung kabel ke alatnya, kemudian nyalakan, kalau lampu led yang pada LAN tester menyala semua, dari nomor 1 sampai 8 berarti Anda telah sukses. Kalau ada salah satu yang tidak menyala berarti kemungkinan pada pin nomor tersebut ada masalah. Cara paling mudah yaitu Anda tekan (press) lagi menggunakan tang. Kemungkinan pinnya belum tembus. Kalau sudah Anda tekan tetapi masih tidak nyambung, maka coba periksa korespondensinya antar pin udah 1-1  atau belum.lihat gambar di bawah ini:








3B Mengenal manageable switch



APA ITU SWITCH ??? 
Switch adalah perangkat yang menghubungkan segmen jaringan. Sebetulnya switch memang merupakan pengembangan lanjutan dari ‘bridge’. Jaman dulu, orang menggunakan bridge untuk menghubungkan segmen jaringan dengan topologi yang berbeda-beda atau sama. Hanya saja, di saat sekarang kita tahu bahwa network switch digunakan untuk menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya.

Tentu saja switch bisa digunakan juga untuk menghubungkan switch satu dengan switch lainnya, untuk memperbanyak jumlah port, atau memperluas jangkauan dari jaringan (misalkan ada satu gedung dengan gedung yang lainnya). Bahkan apabila kita melihat ke berbagai vendor network equipment, berbagai switch dipecah ke level berbeda seperti core, aggregation dan access. Pemisahan berbagai level ini dikarenakan setiap level dimaksudkan untuk fungsi yang berbeda.

Non Manageble Switch
Adalah switch yang tidak dapat di managed, switch tersebut sudah siap pakai tinggal pasang dan switch sudah bisa digunakan tanpa perlu di seting. Harga switch Non Manageble lebih murah jika dibandingkan Manageable Switch Namun apabila terjadi masalah dengan jaringan kita, kita tidak akan bisa melakukan troubleshooting dengan mudah karena switch nya tidak bisa diapa-apakan. Problem yang paling sering terjadi diantaranya ip address conflict, tidak bisa konek dll. Ip address conflict, Apabila jaringan sudah mulai tersebar diberbagai area, akan sangat sulit melakukan troubleshooting computer mana yang menyebabkan masalah tersebut.

keuntungan dan kerugiannya Unmanaged switch :

Unmanaged switch adalah switch yang tidak dapat di-manage… maksudnya adalah switch tersebut pada saat kita membelinya, hanya bisa kita nyalakan dan tancap semua kabel UTP ke switch tersebut, dan sudah berfungsi dengan baik. Unmanaged switch biasanya dipilih oleh pengguna-pengguna yang memang tidak ingin ‘dipusingkan’ oleh konfigurasi peralatan jaringan, karena sekedar plug-and-play. Selain mudah dipasang, tentu saja karena tidak adanya modul management di dalam switch, harga dari switch tersebut akan lebih rendah dibandingkan switch yang managed.

Namun, apabila terjadi masalah dengan jaringan kita, kita tidak akan bisa melakukan troubleshooting dengan mudah, karena memang switch nya tidak bisa diapa-apakan  .

Apa sih contoh masalah yang paling sering terjadi ??? Dari beberapa pengalaman pemakai, problem yang paling sering terjadi di antaranya ip address conflict, tidak bisa connect, virus jaringan, dll.

IP address conflict, mestinya sering terjadi, dan apabila jaringan sudah mulai tersebar di berbagai area, akan sangat susah melakukan troubleshooting komputer mana yang menyebabkan masalah tersebut. Problem seperti ini jangan dianggap remeh, karena bisa saja seseorang di jaringan kita iseng-iseng mengganti IP nya dengan IP address server, atau router kita. Nah, kalau sudah terjadi seperti itu, bisa-bisa seluruh jaringan kita akan mengalami masalah besar !!

Tidak bisa connect…. biasanya terjadi dengan beberapa tipe network card tertentu yang tidak kompatibel dengan switch. Ini kemungkinan disebabkan karena adanya kegagalan proses autonegotiation antara si switch dengan network card. Jika kita menggunakan managed switch, kita masih bisa melakukan setting terhadap speed nya atau half duplex/full duplexnya. Tetapi dengan unmanaged, tentunya hal ini tidak bisa dilakukan.
Virus jaringan …. Apa ada di antara kita yang belum pernah ‘kebagian’ virus jaringan ini ??? Mestinya semua sudah pernah mengalaminya. Virus jaringan… lebih tepatnya kita sebut dengan virus/spy-ware yang memanfaatkan jaringan untuk melakukan proses pengembang-biakannya, akan sangat merepotkan jaringan kita, dan sering kali membuat seluruh switch menjadi mati total !! Tentu saja penulis tidak bermaksud menyatakan bahwa dengan managed switch hal ini akan teratasi. Namun dengan adanya managed switch, kita bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada di dalam switch tersebut seperti membatasi besarnya paket yang keluar dari suatu komputer, atau menyalakan fitur Quality of Service yang bisa memprioritaskan paket-paket tertentu di jaringan.

Ether 1 – Internet Gateway
Tahap paling awal yang harus teman-teman lakukan adalah memastikan bahwa router telah terhubung ke internet. Mengapa? Karena jika router belum terhubung ke internet maka untuk tahap selanjutnya niscaya tidak bisa diuji keberhasilannya karena butuh internet. Untuk pembuatan
Jika ada bagian yang menggunakan CLI maka pengguna Winbox harap menyesuaikan
Untuk membuat terkoneksi ke internet kita bisa menggunakan perintah-perintah seperti di bawah ini. Untuk yang menggunakan tanda # berarti itu adalah penjelasan dari perintah yg di bawahnya.
Berikan IP pada antarmuka gateway, tetapi agar tidak bolak-balik sekalian saja berikan IP pada antarmuka ether2 dan wlan1.
/ip address
add address=192.168.1.253/24 interface=ether1 network=192.168.1.0
add address=192.168.100.1/24 interface=ether2 network=192.168.100.0
add address=192.168.200.1/24 interface=wlan1 network=192.168.200.0
Selanjutnya kita berikan rule routing yang dimana jika IP Address yang dimaksud tidak diketahui maka akan diteruskan ke jaringan publik (ether1)
/ip route
add distance=1 gateway=192.168.1.1
Agar jaringan di antarmuka lain bisa ke internet kita juga harus menambahkan fitur NAT yang mengarah ke ether1
/ip firewall nat
add action=masquerade chain=srcnat out-interface=ether1
Karena jika berselancar kita mengakses menggunakan nama Domain dan bukan IP maka kita harus atur juga DNS dengan perintah di bawah ini. Sedikit catatan saya menggunakan DNS Google, kemungkinan teman-teman nanti menggunakan DNS yang diberikan oleh guru masing-masing.
/ip dns
set allow-remote-requests=yes servers=8.8.8.8
Seharusnya saat ini teman-teman sudah berhasil terhubung ke internet, silahkan untuk mengecek di dari PC yang terhubung ke ether 2 bisa berselancar atau tidak. Namun sebelumnya isi dulu IP PC nya dengan yang satu network dengan ether2.

Network Time Protocol

Secara bawaan waktu pada Router MikroTik adalah tahun 1970. Untuk menyetarakan dengan kondisi saat ini bisa saja namun sebenarnya ada fungsi Network Time Protol atau NTP. NTP adalah layanan yang berfungsi untuk menyamakan waktu antar perangkat. NTP dilakukan setelah router terkoneksi ke internet agar bisa mengecek ke server waktu internasional. Untuk mengkonfigurasinya teman-teman bisa ke System > SNTP Client, lalu buat seperti di bawah ini dan terakhir klik OK. 
Saat ini router kita telah terhubung dengan sistem waktu internasional, selanjutnya tinggal kita sesuaikan dengan daerah kita. Caranya bisa ke System > Clock lalu klik Time Zone Autodetect dan pada kolom Time Zone Name cari Asia/Jakarta dan klik OK. Saat ini router kita telah memiliki waktu yang real.

Ether 2 – Modul DHCP

Sesuai dengan soal bahwa di Ether2 disuruh membuat DHCP Server. Karena DHCP Server cukup sulit ketika menggunakan CLI maka saya akan menggunakan Winbox saja. Silahkan teman-teman menuju IP > DHCP Server pada tab DHCP pilih DHCP Setup. Di tampilan ini silahkan pilih ether2 karena kita akan membuat DHCP Server pada ether2
Pada pemilihan network dibiarkan saja karena secara otomatis akan menyesuaikan dengan prefix yang kita isi di ether2
Untuk gateway dibiarkan juga karena secara otomatis akan menyesuiakan dengan IP Address yang terpasang di ether2
Untuk alamat yang diberikan secara bawaan router akan menentukan mengikuti subnetting, tetapi kita akan ubah jadi 100 karena di soal perintahnya seperti itu.
DHCP Relay biarkan kosong karena kita tidak menggunakan fitur ini
Sekarang silahkan teman-teman periksa pada komputer yang disambungkan ke ether2, seharusnya saat ini telah mendapatkan IP secara DHCP.

Ether 2 – Static DNS

Fitur static DNS ini digunakan ketika kita ingin mendifinisikan domain pada router kita sendiri. Sehingga ketika pengguna mengakses suatu domain maka akan diarahkan ke tujuan tertentu. Untuk menggunakan fitur ini silahkan pergi ke IP > DNS > Static > + (add) lalu tambahkan domain yang akan didefinisikan pada Name serta tujuannya yaitu bsnp-indonesia.org pada Address. Sedikit catatan ketika kita klik tombol OK atau Apply, si router akan mentranslasikan domain yg kita masukkan ke alamat IP domain tersebut.
Sebenarnya kolom Address hanyalah bisa membaca IP, namun pada fitur mikrotik yang baru dimana bisa melakukan resolve pada domain maka ketika kita memasukkan domain bsnp-indonesia.org akan otomatis berubah menjadi IP Address dari bsnp-indonesia.org.
Setelah tahap ini selesai silahkan coba membuka www.mikrotik.com pada peramban teman-teman, kemungkinan tampilan yang akan muncul adalah seperti di bawah ini. Sebenarnya situs mikrotik.com telah terarahkan ke bsnp-indonesia.org atau lebih tepatnya ke IP server bsnp-indonesia.org. Maka dari itu untuk redirect menggunakan DNS statis ini sebenarnya agak janggal ditaruh dalam kondisi seperti ini.

Ether 2 – Blokir PING

Firewall pertama yang akan dibuat adalah pembatasan IP 192.168.100.2 – 192.168.100.50 tidak bisa melakukan ping ke Router. Karena saat ini kita memiliki 3 IP Address pada router maka semua IP Address ini harus dimasukkan ke dalam rule.
/ip firewall filter
add action=drop chain=input dst-address=192.168.1.253 protocol=icmp src-address=192.168.100.2-192.168.100.50
add action=drop chain=input dst-address=192.168.100.1 protocol=icmp src-address=192.168.100.2-192.168.100.50
add action=drop chain=input dst-address=192.168.200.1 protocol=icmp src-address=192.168.100.2-192.168.100.50
Arti dari perintah di atas adalah jika ada paket ping (icmp) yang masuk ke router melalui IP tersebut maka akan di drop. Sebenarnya ada cara lain dengan menggunakan address list namun saya pilih ini karena secara lebih simpel baik melalui CLI dan GUI. Sekarang silahkan uji dari komputer kalian apakah ping ke router masih bisa atau tidak.

Ether 2 – Logging

Sebenarnya saya cukup bingung dengan perintah yang satu ini. Di soal tertulis “Buat rule agar setiap akses ke router tercatat di logging”. Ini maksudnya apakah log ketika pengguna masuk ke router atau log bagi semua aktivitas yang masuk ke router? 
Jika maksdunya adalah log ketika pengguna masuk ke router maka ini sudah ada secara bawaan, silahkan cek log router teman-teman pastinya ada laporan ketika pengguna masuk dengan laporan berhasil atau tidak. Sedangkan jika log semua aktivitas maka pada menu log akan sangat banyak baris yang tercipta. Dimana nantinya khawatir baris yang berfungsi sebagai bahan analisa malah “tenggelam”.
Tetapi di luar itu saya coba menangkap mungkin maksud ke 2 yang benar, yaitu semua aktivitas yang masuk ke router yang dicatat. Jadi kita akan membuat rule nya, tetapi satu hal yang harus teman-teman ketahui inti dari rule ini adalah aktifitas yang sesuai akan masuk ke dalam LOG.
/ip firewall filter
add chain=input log=yes log-prefix=login
Perhatikan di situ ada log=yes dan itulah yang menjadi fokus teman-teman, ketika nanti soalnya diganti atau diperbaharui semoga kalian bisa. Oh yaa arti log-prefix di perintah tersebut adalah untuk memberi tanda di LOG bahwa yang menggunakan kata login sebagai prefix merupakan log yang dibuat oleh aturan firewall yang kita masukkan.
Kepada Bapak/Ibu guru, untuk bagian ini alangkah baiknya diganti saja menjadi aktivitas lain yang dimasukkan ke dalam log. Contohnya adalah aktivitas ping ke router.

Ether 2 – Rule HTTP dan HTTPS

Ini juga membuat saya bingung, karena secara bawaan ketika saya mengaktifkan fitur NAT maka secara otomatis pengguna dari CLIENT Network bisa mengakses ke internet. Namun saya ada pandangan lain, dimana mungkin maksudnya adalah CLIENT Network ke Internet hanya diizinkan mengakses HTTP & HTTPS saja dan akses lain seperti PING akan diblokir.
/ip firewall filter
add action=drop chain=forward dst-port=!80,443 in-interface=ether2 out-interface=ether1 protocol=tcp
Sekarang silahkan kalian coba akses www.google.com (80 & 443) dari peramban, seharusnya bisa berjalan dengan baik. Lalu setelah itu coba akses ke ftp://ftp.itb.ac.id/ (port 21) dan seharusnya yang menggunakan port 21 tidak bisa diakses.

WLAN 1 – Hotspot

Sebenarnya pada soal di bagian wireless tidak ada kata-kata hotspot, namun jika dilihat dari topologi ada tulisan hotspot yang di wlan1 dan non hotspot di ether2. Jadi saya beranggapan bahwa di soal ini ada maksud bahwa wlan1 digunakan sebagai hotspot login namun tidak didefinisikan lebih lanjut lagi.
Sebelum membuat hotspot, kita akan ubah dulu mode wlan1 menjadi pemancar atau AP-Bridge. Teman-teman bisa menuju ke menu Interfaces > tab interface > wlan1 lalu pada tab wireless ganti mode menjadi AP-Bridge dan SSID menjadi Ariyolo@Proxy.
Jika wlan1 sudah menjadi pemancar maka selanjutnya tinggal tahapan hotspot. Silahkan menuju ke IP > Hotspot > tab Server > Hotspot Setup. Lalu pilih antarmuka yang akan dijadikan hotspot, dalam hal ini adalah wlan1.
Di tampilan selanjutnya Untuk alamat IP akan menyesuaikan dengan IP yang telah kita isi di awal-awal pembahasan. Selanjutnya yang dilakukan adalah unchecklist pada Masquerade Network karena kita telah membuat NAT Masquerade di awal pembahasan pada Ether1 – Internet Gateway
Untuk address pool ubah dari 192.168.200.2 – 192.168.200.254 menjadi hanya sampai 100 saja agar sesuai dengan soal. 
Selanjutnya karena kita tidak memiliki sertifikat SSL maka pada tampilan ini pilih Next saja. 
IP Address of SMTP Server biarkan saja dan langsung pilih Next karena kita tidak menggunakannya. 
Untuk DNS secara otomatis akan menyesuikan dengan yang ada di pengaturan DNS dari router. Pada bagian ini juga sama, yaitu diamkan saja. 
Pada tahapan selanjutnya teman-teman diminta untuk memasukkan domain yang akan digunakan untuk mengakses portal hotspot. Contoh pada kali ini saya isi dengan ariyolo.local 
Tahapan terakhir adalah menentukan nama pengguna dan kata sandi yang bisa digunakan untuk masuk ke dalam hotspot. Karena tidak ada ketentuan seperti soal-soal UPK paket atau tahun yang lain jadi biar cepat saya isi seperti di bawah ini saja. 
Jika telah selesai silahkan untuk masuk ke hotspot portal dan pastikan teman-teman bisa mengakses Internet.

Wlan 1 – Proxy

Untuk mengaktifkan Proxy cukup mudah yaitu dengan pergi ke IP > Proxy lalu pada tab Generallakukan checklist pada pilihan Enable maka Proxy akan berjalan pada port 8080. Pada kolom cache administrator jangan lupa mengisi ariyolo@sekolah.sch.id, karena itu ada di soal.
Sampai saat ini proxy telah aktif, namun agar pengguna bisa terkena efek dari Proxy ini pengguna harus melakukan pengaturan pada perampan mereka. Cara lain agar pengguna bisa otomatis terkeda dampak dari Proxy adalah dengan menggunakan bantuan rule pada firewall untuk membuat Transparent Proxy. Caranya adalah dengan menggunakan perintah seperti di bawah ini (winbox menyesuaikan). Karena hanya wlan1 saja yang terkena dampaknya maka pada in-interface diisi wlan1.
/ip firewall nat
add action=redirect chain=dstnat dst-port=80 in-interface=wlan1 protocol=tcp to-ports=8080

Wlan 1 – Pemblokiran Situs

Pemblokiran situs sebenarnya bisa menggunakan Firewall dan DNS Static, namun kalau dilihat-lihat tampaknya pembuat soal menginginkan kita menggunakan Proxy. Maka dari itu teman-teman silahkan pergi ke IP > Proxy > tab general > tombol access lalu tambahkan rule baru seperti di bawah ini.  
Mungkin ada dari teman-teman yang bertanya mengapa saya tidak mengisi kolom redirects to, alasannya adalah karena tidak ada perintah redirect pada soalnya ðŸ˜€ . Jika telah selesai silahkan untuk membuka situs www.linux.or.id maka seharusnya tidak bisa dibuka dan muncul tampilan seperti di bawah ini. 

Wlan 1 – Pemblokiran File

Untuk teknik pemblokiran yang digunakan kali ini adalah menggunakan Proxy maka itu teman-teman bisa menuju ke  IP > Proxy > tab general > tombol access lalu tambahkan rule baru seperti di bawah ini. 
Arti dari aturan di atas adalah bahwa setiap URL yang akan diproses oleh router jika mengandung esktensi mp3 maka akan diblokir atau ditolak. Sekarang teman-teman silahkan untuk mengunduh berkas mp3 untuk mengujinya, apakah berhasil atau tidak? ðŸ™‚

Wlan 1 – Pemblokiran Konten

Untuk pemblokiran konten kita tidak menggunakan Proxy lagi tetapi menggunakan Firewall. Intinya adalah ketika ada packet yang memiliki konten mikrotik maka oleh router akan langsung di tolak. Untuk pengunaannya bisa menggunakan perintah berikut ini.
/ip firewall filter
add action=drop chain=forward content=mikrotik
Silahkan diuji membuka dan melakukan ping pada mikrotik.com, harusnya sih tidak bisa ðŸ˜€ .

Wlan  1 – Pembatasan Waktu

Sesuai dengan soal untuk pembatasan waktu kita akan menggunakan firewall. Perintahnya sudah saya buat di bawah ini. Ada alasan mengapa harus menggunakan 2 aturan, yaitu karena pada MikroTik fungsi waktu hanya berlaku dalam waktu 1 hari mulai 00:00:00 – 23:59:59. Maka dari itu saya membuat 2 aturan yang dimana aturan tersebut adalah pemblokiran dari wlan1 ke ether1 pada pukul 19:00:00 – 23:59:59 dan 00:00:00 – 07:00:00.
/ip firewall filter
add action=drop chain=forward in-interface=wlan1 out-interface=ether1 time=19h-23h59m59s,sun,mon,tue,wed,thu,fri,sat
add action=drop chain=forward in-interface=wlan1 out-interface=ether1 time=0s-7h,sun,mon,tue,wed,thu,fri,sat

Itu dia tadi pembahasan untuk UPK TKJ tahun pelajaran 2017/2018 yang menggunakan Paket 2. Memang agak sedikit membingungkan jika kita telaah kata-katanya, tetapi yaa sisanya tentu ada di tangan guru yang berhak mengubah soal-soal ini.
Jika ada yang ingin ditanyakan atau diskusi silahkan corat-coret di kolom komentar, namun jika saya rasa jawabannya agak ribet maka jangan kecil hati jika saya ajak diskusi di grup facebook Aliansi TKJ Nusantara. Terima kasih dan semoga sukses semuanya ðŸ™‚

Tidak ada komentar:

Posting Komentar