/* Start http://www.cursors-4u.com */ * {cursor: url(http://cur.cursors-4u.net/anime/ani-12/ani1136.ani), url(http://cur.cursors-4u.net/anime/ani-12/ani1136.gif), auto !important;} /* End http://www.cursors-4u.com */ Singing Hatsune Miku

Label

Minggu, 29 Juli 2018

Keamanan Sistem Operasi Jaringan

Keamanan sistem operasi merupakan bagian masalah pada suatu keamaan sistem komputer dengan akses secara total yang telah menjadi bagian yang dapat meningkatkan kepentingannya sendiri.


Ada beberapa gangguan yang terjadi pada keamanan sistem operasi jaringan diantaranya yang paling banyak dikenal adalah:

  • Hacking

Berupa perusakan pada infrastruktur jaringan yang sudah ada, misalnya perusakan pada sistem dari suatu server

  • Phising

Berupa pemalsuan terhadap data resmi dilakukan untuk hal yang berkaitan dengan pemanfaataanya.

  • Deface

Perubahan terhadap tampilan suatu website secara illegal.

  • Carding

Pencurian data terhadap identitas perbankan seseorang, misalnya pencurian kartu kredit.

  • Sniffing

Suatu pemantauan elektronik terhadap jaringan digital untuk mengetahui password atau data lainnya.
Ada beragam teknik sniffing atau juga dikenal sebagai eavesdropping, yakni: shoulder surfing (pengamatan langsung terhadap display monitor seseorang untuk memperoleh akses), dumpster diving (mengakses untuk memperoleh password dan data lainnya), digital sniffing (pengamatan elektronik terhadap jaringan untuk mengungkap password atau data lainnya).

  • Spam

Penyalahgunaan sistem pesan elektronik (termasuk media penyiaran dan sistem pengiriman digital) untuk mengirim berita iklan dan keperluan lainnya secara massal. Spam menampilkan berita secara bertubi-tubi tanpa diminta dan sering kali tidak dikehendaki oleh penerimanya. 

  • Spoofing

Teknik yang digunakan untuk memperoleh akses yang tidak sah ke suatu komputer atau informasi dimana penyerang berhubungan dengan pengguna dengan berpura-pura memalsukan bahwa mereka adalah host yang dapat dipercaya.

  • SQL Injection

Jenis aksi hacking pada keamanan komputer di mana seorang penyerang bisa mendapatkan akses ke basis data di dalam sistem. 

  • DoS (Denial Of Service)

Jenis serangan terhadap sebuah komputer atau server di dalam jaringan internetdengan cara menghabiskan sumber (resource) yang dimiliki oleh komputer tersebut sampai komputer tersebut tidak dapat menjalankan fungsinya dengan benar sehingga secara tidak langsung mencegah pengguna lain untuk memperoleh akses layanan dari komputer yang diserang tersebut.

  • Social Engineering

Pemerolehan informasi atau maklumat rahasia/sensitif dengan cara menipu pemilik informasi tersebut. 

pembagian keamanan sistem di bagi menjadi 3 bagian:

1.   Keamanan external yaitu keamanan yang di pengaruhi dari luar atau gangguan dari luar. berkaitan dengan pengamanan fasilitas computer dari penyusup, bencana alam, dll. Contohnya kebakaran, banjir, gempa bumi, perang, kerusuhan.

2.   Keamanan Internal yaitu keamanan yang di pengaruhi dari bagian dalam atau gangguan dari dalam . contohnya : Virus


3.   Keamanan Interfaces pemakai adalah keamanan  yang berkaitan dengan indentifikasi pemakai sebelum mengakses program dan data .contohnya : Sidik jari.

Jenis-jenis Keamanan Jaringan
     
beberapa jenis-jenis keamanan jaringan yang diberikan oleh jaringan yaitu :

a. Keamanan yang bersifat fisik 
keamanan bersifat fisik dikenal dengan istilah physical security digunakan untuk mengamankan data-data para pekerja atau anggota organisasi dari berbagai ancaman meliputi bahaya kebakaran, akses tanpa otorisasi, dan bencan alam. 

b. Keamanan yang berhubungan dengan orang (personal)
merupakan jenis keamanan yang berhubungan dengan identifikasi user(user name dan password) dari orang yang memilik akses, baik pemakaiataupun pengelola. Artinya, keamanan sistem disebabkan oleh pengelola user yang menggunakan sistem jaringan. 

c. Keamanan dari data dan media serta teknik komunikasi
Keamanan dari data dan media serta tekni komunikasi, merupakan jenis keamanan yang berhubungan dengan kelemahan software yang digunakan untuk memproses dan megelola data. 

d.Keamanan dalam sistem operasi
Keamanan dalam sistem operasi merupakan jenis keamanan jaringan berhubungan dengan prosedur untuk mengatur dan mengelola sistem keamanan.

dari jenis-jenis keamanan diatas adapun beberapa fungsi dari keamanan sistem operasi yaitu mencegah hilangnya data,mencegah penyalahgunaan hak akses, serta melindungi jaringan dari virus.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar